Tugas Editor Buku yang Perlu Anda Ketahui

 

Sebelum naskah karya penulis diterbitkan, biasanya ada proses penyuntingan terlebih dahulu yang dilakukan oleh editor. Proses ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa karya tersebut layak terbit dan dibaca oleh khalayak. Apa saja tugas editor buku? Berikut ulasannya!

Tugas Editor Buku

Penyuntingan naskah adalah langkah penting yang harus dilalui sebelum sebuah karya terbit baik melalui penerbit mayor maupun diterbitkan secara indie di tempat cetak buku. Ada beberapa tugas yang harus dilakukan oleh para editor buku. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Menyeleksi Naskah dari Penulis

Setiap hari pasti selalu ada naskah dari penulis yang masuk ke penerbit. Banyaknya naskah yang masuk belum tentu semua layak untuk diterbitkan. Sehingga di sinilah peran editor untuk menyeleksi naskah tersebut apakah layak cetak atau tidak. Tugas ini bisa dibilang cuku pmemakan waktu.

Karena proses seleksi harus melewati beberapa tahapan dan editor harus melihat apakah sudah sesuai kriteria yang diinginkan penerbit atau belum. Selain itu, editor juga harus memiliki insting untuk menilai apakah naskah tersebut layak atau tidak.

2. Menyunting Naskah

Beberapa naskah tulisan penulis yang sudah masuk kriteria penerbit dari segi kriteria dan topik yang dibahas harus disunting terlebih dahulu. Proses ini adalah untuk mengecek apakah ada typo atau kesalahan ketik, kaidah penggunaan PUEBI, dan lain sebagainya.

Editor harus menilai dan mengecek kesesuaian gaya bahasa dengan target pembaca yang diingkan penerbit. Selain itu, kebenaran naskah juga harus dicek apakah sudah sesuai realita atau belum.

3. Menulis Pengantar Penerbit dan Back Cover/Blurb

Tugas editor satu ini bisa dibilang susah-susah gampang. Sebelum menulis bagian ini, editor harus memahami isi naskah termasuk kelebihan apa yang harus ditonjolkan. Namun, menjadi sebuah tantangan tersendiri karena editor harus membuat pengatar di bagian belakang yang membuat pembaca tertarik.

Sehingga bisa dibilang poin ini berperan penting dalam menentukan keputusan pembaca apakah akan membaca buku tersebut atau tidak.

Tugas editor buku di atas bisa menjadi pertimbangan khususnya bagi Anda yang ingin terjun di bidang kepenulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *