Ini Dia Poin Yang Perlu Dicantumkan Dalam Cover Letter

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Job Application Letter - Surat  Lamaran Kerja : Desain Contoh Surat #A38wgZZ8OW

Selain CV dan surat lamaran, cover letter berperan penting juga dalam melamar pekerjaan. Maka dari itu, kamu harus memperhatikan apa saja poin penting pada saat menulis cover letter terutama jika ingin melamar kerja.

Sebelum kita membahas tips menulis cover letter lebih lanjut, perlu tau cover letter ini seperti apa. Cover Letter bisa dibilang surat pengantar pada saat ingin melamar pekerjaan. Lebih sederhananya, isi cover letter yaitu deskripsi singkat mengenai diri sendiri.

Di dalam cover letter juga bisa menunjukkan posisi yang ingin kamu lamar dan lain sebagainya. Lebih baik jangan sampai kamu salah menulis surat lamaran atau pun cover letter ini. Tentunya cover letter dengan surat lamaran itu sendiri memiliki perbedaan.

Agar kamu tidak salah dalam membuat tulisan cover letter, simak beberapa poin penting di bawah ini.

Tunjukkan dengan singkat dan padat betapa tertariknya kamu dengan pekerjaan tersebut

Di dalam dokumen cover letter, perlu ditunjukkan ketertarikan terhadap bidang pekerjaan yang ingin dilamar. Misal kamu bisa mencantumkan posisi pekerjaan yang diinginkan pastinya karena hal ini adalah info utama.

Lalu kamu jangan lupa juga mengaitkannya dengan berbagai pengalaman pekerjaan yang sudah dilakukan sebelumnya. Lebih baik kamu menjelaskan singkat mengapa kamu layak untuk mengisi posisi pekerjaan tersebut.

Melamar kerja tentu tidak boleh setengah-setengah, harus dipastikan kita memang tertarik dan sangat ingin mengisi lowongan kerja tersebut.

Tulis informasi mengenai dari mana informasi lowongan berasal

Perlu diperhatikan sebelum kita menulis isian di cover letter, kita harus menulis kata pengantar lebih dahulu. Pada awal bagian cover letter, perlu menulis dari mana kita mendapatkan informasi seputar lowongan kerja tersebut.

Walau hal ini terkesan sepele, tetapi beberapa perusahaan mempertimbangkan poin tersebut. Kita pun bisa melihat sendiri kalau banyak formulir lamaran pekerjaan yang menyediakan kolom untuk informasi satu ini.

Jelaskan skill kamu sesuai posisi pekerjaan terkait

Supaya pihak recruiter lebih tertarik, kamu disarankan untuk pandai-pandai menjelaskan seperti apa kemampuan kamu sesuai posisi pekerjaan yang dilamar. Memahami diri sendiri adalah hal penting, buktinya hal tersebut bisa diterapkan pada saat membuat cover letter.

Tetapi harus diingat, jangan sampai melebih-lebihkan pada informasi yang satu ini. Jujur merupakan hal terbaik untuk mendapatkan hasil terbaik nantinya.

Tulis prestasi sesuai posisi pekerjaan

Mungkin kamu sebelumnya sudah memiliki prestasi tertentu yang terkait dengan bidang pekerjaan yang hendak kamu lamar. Maka jangan sampai biarkan hal tersebut karena bisa menjadi salah satu penolong untuk diterima kerja.

Tetapi harus dipastikan prestasi tersebut yang sesuai posisi pekerjaan yang ingin dilamar, jangan sampai terlalu keluar konteks atau bahkan yang tidak ada hubungannya sama sekali. Memang menjelaskan kemampuan itu penting, tetapi poin prestasi bahkan bisa saja menjadi nilai plus yang lebih jelas di mata pihak HRD.

Jelaskan mengapa kamu ingin masuk dalam perusahaan terkait

Agar semakin memperkuat isian cover letter, pada poin akhir bisa coba menjelaskan alasan kamu hendak bergabung ke dalam perusahaan terkait yang ingin dilamar secara singkat saja. Lebih baik usahakan jelaskan poin ini memakai latar belakang atau pun pengalaman kamu.

Tak ada salahnya untuk memberikan pujian juga mengenai perusahaan tersebut sedikit saja sebagai tambahan yang menunjukkan kalau kamu suka dengan perusahaan tersebut. Itulah poin utama yang harus dicantumkan saat menulis cover letter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *