Jenis-jenis Bisnis Plan

Apa itu bisnis plan dan apa manfaatnya bagi bisnis Anda? – Setidaknya ada lima hal yang harus Anda ketahui sebelum memulai bisnis. Kelima hal ini mungkin kurang dari manfaat dalam jangka pendek, tetapi tanpanya Anda akan cukup sulit untuk memastikan bisnis yang Anda bangun akan bertahan lama. Oleh karena itu Anda sebagai seorang pebisnis dapat menggunakan perusahaan jasa pembuatan bisnis plan. Dimana, tentu saja Anda tidak ingin bisnis yang dibangun dengan susah payah harus menyerah di tengah jalan hanya karena persiapan yang tidak matang, bukan?

5 hal yang harus Anda ketahui tentang rencana bisnis sebelum memulai bisnis.

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah mengetahui siapa konsumen Anda dan masalah apa yang dapat Anda selesaikan melalui produk barang/jasa Anda.

Kedua, langkah kecil dan nyata dalam memulai bisnis jauh lebih baik daripada rencana besar yang perlahan dieksekusi.

Ketiga, pahami dengan baik apa kekuatan Anda sebagai pendiri atau pendiri bisnis.

Keempat, cari mentor atau penasihat yang dapat membantu Anda melihat masalahnya dengan lebih jelas.

Kelima, dan apa yang akan kita bahas lebih dalam adalah rencana bisnis. 

Jenis Rencana Bisnis

Sebelum mengetahui cara membuat rencana bisnis, Anda harus terlebih dahulu memahami jenis rencana bisnis yang ada. Dari berbagai sumber, setidaknya ada lima jenis rencana bisnis yang dapat dipilih sesuai dengan karakteristik bisnis Anda, termasuk:

1. Rencana Bisnis Start-Up

Jenis rencana bisnis ini memberikan gambaran umum dari perusahaan yang Anda dirikan. Rencana bisnis start-up juga berisi produk atau layanan yang akan Anda tawarkan, evaluasi pasar, evaluasi pesaing, faktor risiko, tim pemasaran, dan juga sistem manajemen yang akan ditegakkan.

Dalam rencana bisnis ini ada proyeksi tentang pendapatan, laba, pengeluaran, dan juga arus kas setelah perusahaan berjalan. Jenis rencana bisnis ini cukup lengkap sehingga cocok untuk disajikan kepada investor potensial Anda.

2. Rencana Bisnis Strategis

Rencana bisnis strategis sedikit lebih kompleks daripada rencana bisnis start-up atau umum. Di dalamnya, ada hal -hal yang lebih spesifik dalam menggambarkan tujuan atau tujuan yang akan dicapai oleh perusahaan.

Struktur rencana bisnis strategis dapat bervariasi untuk setiap perusahaan, hanya ada sejumlah komponen vital yang harus dimasukkan, yaitu visi bisnis, pernyataan misi atau pernyataan misi perusahaan, faktor keberhasilan kritis atau faktor keberhasilan yang kritis, strategi untuk mencapai tujuan perusahaan , dan terlalu jadwal untuk menerapkan strategi perusahaan. Jenis rencana bisnis ini dapat membantu para pemangku kepentingan untuk lebih memahami tujuan perusahaan Anda, sehingga mereka percaya pada visi Anda.

3. Rencana Bisnis Operasi

Rencana bisnis operasi dimaksudkan untuk kebutuhan internal perusahaan. Di dalamnya, ada perencanaan dan peraturan tentang operasi perusahaan. Secara khusus, Rencana Bisnis Operasi juga berisi tanggung jawab untuk setiap karyawan yang bekerja di perusahaan.

4. Rencana Bisnis Pengembangan

Rencana Bisnis Pengembangan adalah penjelasan lengkap tentang pengembangan bisnis yang direncanakan. Di dalamnya ada kelengkapan tentang organisasi, administrasi, dan akuntabilitas perusahaan yang dilakukan oleh masing -masing karyawan. Oleh karena itu, dokumen ini dapat digunakan untuk kebutuhan eksternal dan internal.

5. Rencana Bisnis Pertumbuhan

Rencana bisnis pertumbuhan berisi deskripsi dalam perencanaan pengembangan bisnis untuk masa depan. Dokumen ini dapat digunakan untuk kebutuhan internal, atau bahkan eksternal untuk mendapatkan suntikan modal.

Hanya saja, jika itu akan digunakan untuk kebutuhan eksternal, rencana bisnis pertumbuhan harus berisi gambaran yang jelas tentang perusahaan, struktur manajemen, dan pihak -pihak yang menempati posisi penting.

Untuk memudahkan Anda sebagai seorang pebisnis membuat bisnis plan dengan lebih mudah, Anda dapat menggunakan perusahaan jasa pembuatan bisnis plan  dikota Anda.